Pengembangan UPT Perpustakaan Unpas

PENGEMBANGAN UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS PASUNDAN

Oleh

Hilman Firmansyah, SIP.[1]

 

Pengembangan perpustakaan itu wajib hukumnya. Pengembangan itu harus dilakukan secara terus menerus dan berkelanjutan sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Di alam yang serba praktis, perpustakaan mencoba meningkatkan kualitasnya layanannya, diantaranya:

  1. Automasi perpustakaan. Saat ini UPT Perpustakaan Unpas telah memiliki program LibSys (Library System) versi 2.5, dimana dalam program ini dari mulai pengadaan pustaka, pengolahan pustaka, peminjaman, pelaporan sampai digital library telah tersedia. Untuk menelusur informasi pun bisa dicari dari berbagai aspek, baik dari judul, pengarang, maupun subyek buku. Berikut ditampilkan sekilas fasilitas Libsys:

a. Entry koleksi

 

b. Sirkulasi (Peminjaman buku)

 

  1. Pelayanan internet dan Hotspot Gratis. Perpustakaan sangat menyadari akan kebutuhan informasi anggota dari berbagai sumber, oleh karena itu Perpustakaan telah menyediakan layanan internet, dan juga telah tersedia HOTSPOT gratis, dimana pengunjung bisa dengan mudah mengakses internet tanpa registrasi terlebih dahulu.
  2. Untuk memberikan kemudahan dalam pembuatan laporan daftar kunjungan perpustakaan, di perpustakaan telah disediakan 1 unit komputer untuk counter pengunjung, sehingga setiap pengunjung yang datang ke perpustakaan tinggal menggesekkan kartu anggota/kartu mahasiswa ke barcode reader yang disimpan di sebelah komputer atau cukup mengetikan nrp mahasiswa, bagi pengunjung luar pun telah disediakan kode (FPPT untuk pengunjung anggota FPPT dan PL0001 untuk pengunjung luar Unpas yang belum masuk anggota FPPT). Adapun aplikasi counter pengunjung dibuat oleh mahasiswa Teknik Informatika Unpas yang sedang praktek di perpustakaan.
  3. Anggota Forum Perpustakaan Perguruan tinggi Jawa Barat (FPPT-JABAR). Untuk memudahkan mahasiswa berkunjung ke berbagai perpustakaan perguruan tinggi di Jawa Barat, saat ini UPT Perpustakaan Unpas telah tergabung dalam keanggotaan FPPT JABAR, bahkan pada tahun 2007, Kepala Perpustakaan dipercaya sebagai pengurus FPPT JABAR Komisi Kerjasama.
  4. Perpustakaan Unpas telah tergabung dalam Union Catalogue FPPT Jabar, sehingga koleksi perpustakaan Unpas dapat diakses di internet dengan alamat: http://cobian.lib.itb.ac.id/fpptjabar/
  5. Pengurus Daerah Ikatan Pustakawan Jawa Barat (PD IPI JABAR). Kepala Perpustakaan telah dipercaya sebagai pengurus PD IPI JABAR untuk periode kedua (2005-2007 dan 2007-2009), salah satu organisasi profesi bagi pustakawan. Dengan menjadi pengurus PD IPI JABAR dalam pengembangan kompetensi pustakawan, perpustakaan Unpas selalu mendapatkan informasi, bahkan terlibat dalam pengembangan SDM Pustakawan di Jawa Barat.

 

Selanjutnya untuk melakukan pengembangan perpustakaan di tahuna akademik 2008-2009 InsyaAllah perpustakaan memiliki program:

  1. Pengembangan koleksi terbaru minimal 2000 (baik buku, majalah, jurnal maupun koleksi CD)
  2. Pengembangan Libsys berbasis web
  3. Pengembangan layanan internet
  4. Optimalisasi local content (hasil karya sivitas akademika Universitas Pasundan)
  5. Peningkatan kerjasama dengan berbagai pihak.
  6. Penghargaan bagi pengunjung dan peminjam terbaik perpustakaan.
  7. dll.

Untuk program tersebut kami memohon dukungan dari semua pihak baik sivitas akademika Universitas Pasundan, maupun para alumni Universitas Pasundan.

 

TAK KENAL MAKA TAK SAYANG:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

STRUKTUR ORGANISASI UPT PERPUSTAKAAN

UNIVERSITAS PASUNDAN

KEPALA

Hilman Firmansyah,SIP.

KSB. PELAYANAN

Neneng Nurhayani,S.Sos

 

PR I

Prof.Dr.H. Eddy Jusup Sp.

KSB. PENGLAHTA

Edi Hasudungan,S.Sos

 

STAFF PENGADAAN

Maruf

 

STAFF SIRKULASI

Dadang Koswara, SPd.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

         

 

 

 

STAFF PENGOLAHAN

Nurul Hayati, SPd.

 

STAFF KOL.KHUSUS

Lina Herlina, SH.

 

STAFF KOL.KHUSUS

Bahruroji

 

STAFF SIRKULASI

Budi Mulyono

 

KOMPUTERISASI

Kosim G. Rukmana

 

STAFF RUM.TANGGA

Amas

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


[1] Kepala UPT Perpustakaan Unpas

2 Komentar

  1. like this kha perpus unpasss

    • yes, wellcome to unpas library


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s