Pengaruh Penilaian Prestasi dan Promosi Jabatan Terhadap Peningkatan Semangat Kerja Karyawan.

Pengaruh Penilaian Prestasi dan Promosi Jabatan Terhadap Peningkatan Semangat Kerja Karyawan.

Sebagaimana atelah diuraikan diatas, bahwa penilaian prestasi kerja yang sistematis dan objektif dapat menimbulkan perasaan puas dalam diri karyawan. Mereka mersa bahwa dengan cara ini hasil kerja mereka dinilai oleh perusahaan dengan sewajar-wajarnya dan sekaligus kelemahan-kelemahan yang ada dalam diri individu karyawan dan pada akhirnya akan menimbulkan dorongan dan semangat kerja di hati individu untuk memperbaiki diri, sehingga dapat melaksanakan pekerjaannya dengan baik.

Hal ini sesuai dengan pendapat Malayu S.P. Hasibuan (2000 :87) mengemukakan bahwa :

“Dengan penilaian prestasi kerja berarti para bawahan mendapat perhatian dari atasannya sehingga mendorong mereka bergairah bekerja, asalkan proses penilaiannya jujur dan objektif serta ada tindak lanjutnya”.

 

Setelah melakukan penilaian, tentunya karyawan yang berprestasi baik memungkinkan dirinya untuk diberikan promosi, karena promosi merupakan suatu tindak lanjut dari hasil penilaian prestasi kerjanya.

Promosi memberikan peran penting karyawan, bahkan menjadi idaman yang selalu dinanti-nantikan. Dengan promosi berarti adanya kepercayaan dan pengakuan mengenai kemampuan serta kecakapan karyawan yang bersangkutan untuk menduduki jabatan lebih tinggi.

Promosi yang dilaksanakan  hendaknya berdasarkan penilaian kejujuran, kemampuan, kecakapan semua karyawan. Penilaian harus jujur dan objektif tidak pilih kasih. Karyawan yang mempunyai peringkat atau ranking terbaik hendaknya mendapat kesempatan untuk dipromosikan terlebih dahulu tanpa melihat uku, golongan dan keturunannya. Promosi yang dilaksanakan dengan adil akan menjadi alat mendorong bagi karyawan untuk meningkatkan semangat kerjanya, sehingga dapat bekerja lebi giat dan lebih baik. Hal ini sesuai dengan pendapat

Malayu.S.P. Hasibuan (2000 :107) mengemukakan bahwa :

“Jika ada kesempatan bagi karyawan dipromosikan berdasarkan azas keadilan dan objektivitas, karyawan akan terdorong bekerja lebih giat, bersemangat, berdisiplin, dan berprestasi kerja sehngga sasaran perusahaan secara optimal dapat tercapai”.

 

Berdasarkan dari uraian diatas, menunjukan bahwa penilaian prestasi kerja dan promosi jabatan berpengaruh pada semangat kerja karyawan, karena kedua variable tersebut merupakan factor yang sangat penting yang harus diperhatinkan oleh perusahaan, agar peningkatan semangat kerja dapat tercapai dengan baik.

 

11 Komentar

  1. ini bagus sekali. bagaiman cara memliki semua isinya? atau filenya. help me. I like it very much

  2. ntar ya lagi sibuuuk

  3. wah, makasih byk, kbetulan sekali, sya sdang nyusun skripsi mgenai semangat kerja karyawan..bolehkah sya minta semua filenya dgan lengkap??bgimn cara mndptkannya??sya sngt mmbutuhkan bantuannya…sblumnya sy ucapkan trima kasih byk atas bantuannya…

    • makasih atas kunjungannya, kalau ingin file yang lengkap, daftarin dulu identitas sebenarnya ke alamat email ku lengkap dengan fotonya: firmansyah.hilman@yahoo.com.sg

  4. materi yang disampaikan sudah cukup baik, tetapi masih kurang lengkap di bagian landasan teorinya. referensinya cuma sedikit

  5. Maksih atas jurnalnya.
    Isinya lumayan banget tuk skripsi.
    ooohhh iya, bagaimana cara memperoleh semua isinya.
    Mohon bantuannya iya mas.

    Salam kenaal

    • salam kenal kembali, kl pengen lengkap sama isinya ntar yah….

      • mbak klo misal jurnalnya ada gak

        makasih banyak

  6. saya lagi dalam rangka mencari judul skripsi,dan sepertinya saya tertarik dengan judul ini dan saya ingin tau lebih dalam tentang hal ini. bagaimana memperoleh filenya?

    • gampang, ntar semua file dah ada kok

  7. saya sedang mencari judul skripsi, boleh minta jurnalnya ? mohon bantuannya. terimakasih


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s