Peranan Proses Penyusunan Anggaran Belanja Pembanguanan Menurut Kepmendagri Nomor 29 Tahun 2002 Terhadap Kinerja Pembangunan Daerah

2.3      Peranan Proses Penyusunan Anggaran Belanja Pembanguanan Menurut Kepmendagri Nomor 29 Tahun 2002 Terhadap Kinerja Pembangunan Daerah

Anggaran Belanja Pembangunan adalah pengeluaran pemerintah daerah yang bersifat investasi dan ditujukan untuk melaksanakan tugas-tugas pemerintah daerah sebagai salah satu pelaku pembangunan.

Sebagai salah satu pelaku pembangunan anggaran belanja pembangunan harus berorientasi kepada program, sehingga dapat mencerminkan arah dari pada pembangunan daerah yang terdiri dari program-program/proyek-proyek urutan prioritas daerah yang sifatnya dapat menunjang terhadap program/proyek nasional dan pemerintah pusat.

Proses Penyusunan anggaran belanja pembangunan terutama menurut Kepmendagri Nomor 29 Tahun 2002 disini diharapkan dapat membantu menyelenggarakan otonomi daerah yang dapat membantu terhadap kinerja pembangunan daerah. Pencapaian kinerja dalam hal ini kinerja pembangunan sangat penting, karena dengan adanya peningkatan kinerja yang semakin baik diharapkan pembangunan dapat berjalan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan sebelumnya.

Peranan proses penyusunan anggaran pembangunan terutama menurut Kepmendagri Nomor 29 Tahun 2002 sangat penting dalam pelaksanaan kegiatan pemerintah, karena penyusunan anggaran belanja pembangunan bertujuan untuk mengetahui perencanaan dari setiap program/proyek masing-masing unit kinerja dilingkungan pemerintah daerah. Sejalan dengan kinerja pembangunan daerah yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah maka penyusunan anggaran belanja pembangunan sangat berperan dalam meningkatkan efektifitas dan efesiensi keuangan daerah.

 

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s